CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 04 Desember 2012

Kuliah Daring (ONLINE)


Nama : Dina Triana Sari
Npm : 201243500179
Kelas : R1B 

Sejumlah Universitas sekarang ini banyak menawarkan sistem “kuliah daring”  yang merupakan salah satu metode untuk belajar secara online, daring mempunyai arti yaitu dalam jaringan . Kegiatan ini merupakan bentuk komunikasi baru dengan sistem kuliah tidak bertatap muka secara langsung. Manfaat yang di dapatkan di dalam perkuliahan daring yaitu kita dapat mendapatkan informasi lebih banyak melalui akses jaringan internet dan mahasiswa lain agar dapat bertukar pikiran dan berbagi informasi didalamnya. Sistem kuliah daring saat ini merupakan bentuk  mata kuliah Bahasa Indonesia yang saat ini saya rasakan di dalam pembelajarannya. Sistem perkuliahan ini masih sangat asing bagi saya tetapi ternyata perkembangan kuliah daring Universitas di luar negeri sudah sangat berkembang dan juga efektif. 
Saya sebagai mahasiswa Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) cukup bangga dengan dosen yang saat ini mengajar yaitu Bapak Randi Ramliyana yang masih bisa  menyempatkan waktunya berbagi informasi mata kuliah Bahasa Indonesia di dalam sistem daring saat ini. Bapak Randi Ramliyana mulai mengakses sistem daring ini ketika pada saat dia melihat mengapa mata kuliah Bahasa Indonesia yang dia ajarkan secara manual banyak menemui kendala, apa mungkin cara mengajar atau memang dari mahasiswanya masing-masing yang masih sangat menyepelekan mata kuliah Bahasa Indonesia ? Padahal di dalam skripsi nanti kitapun harus bisa menggunakan EYD (Ejaan Yang Di sempurnakan). Semuanya mungkin sudah di pikirkan oleh Beliau agar mahasiswanya juga bisa lebih aktif  dan kreatif di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui sistem daring saat ini. 
Di dalam sistem daring yang saat ini di jalankan, di harapkan bisa memberikan ilmu pengetahuan yang lebih luas dan  mahasiswa selalu bisa berpikir kritis dan juga bisa mengembangkan ide-ide yang ada. Bapak Randi Ramliyana memberikan tugas untuk membuat blog saat ini merupakan hal yang sangat bagus, karena bisa menjadikan mahasiswanya lebih mengeksplor tulisan tulisan menggunakan bahasa yang baik mulai dari sekarang dan bisa menjadi terbiasa juga.
Sistem kuliah daring saat ini digunakan untuk memberikan materi yang saat sistem manual jarang di berikan. Materi dapat di unduh melalui grup facebook yang sedang di jalankan oleh bapak Randi ramliyana saat ini. Banyak dari materi yang memang tidak di ajarkan pada saat Beliau berada di kelas.
pembelajaran sistem daring saat ini memberi celah bagi mahasiswa yang sangat pasif di dalam pembelajaran sistem manual agar bisa menjadi lebih aktif lagi. Hal ini sangat berguna dan bernilai positif bagi saya mahasiswi Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA).

0 komentar: